Rabu, 13 Mei 2009

Software

Software adalah kumpulan dari program-program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu pada komputer, sedangkan program merupakan kumpulan dari perintah-perintah komputer yang tersusun secara sistematis. Sifat software adalah perangkat yang tidak dapat dipegang secara fisik, hanya dirasakan manfaatnya. Software ini berupa program yang berfungsi mengatur kerja hardware. Ada 4 kelompok dalam software, yaitu. (1) Sistem Operasi (Operating System) adalah software yang sifatnya sangat mendasar dan bertujuan agar rangkaian elektronik (hardware) dapat bekerja serta mampu melakukan fungsi-fungsi tertentu. Terdapat beberapa sistem operasi yang populer saat ini, tetapi sistem operasi yang sangat populer atau paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dengan nama microsoft windows. Selain itu terdapat juga sistem operasi yang lain seperti DOS, Unix, Linux, OS/2, MAC OS dan lain-lain.
Software utility merupakan software system yang melakukan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input dan outputnya, serta program-program lain dalam sebuah komputer.
Beberapa fungsi yang dilakukan oleh program utility antara lain: File Viewer, Disk Scanner, File Compression, Anti Virus, Software CD/DVD Burning, Pemeliharaan File (File maintenance).
Software aplikasi atau sering pula disebut sebagai ”paket aplikasi” merupakan software jadi yang siap untuk digunakan. Software ini dibuat untuk membantu masalah yang sifatnya umum dan dapat memenuhi kebutuhan yang spesifik setiap pengguna komputer.
Software aplikasi bekerja dengan mengorganisasikan data yang diterima komputer dari pengguna. Secara umum software aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan jenis tugas-tugasnya sebagai berikut: (1) software pengolah kata seperti: MS Word dan Word Perfect. (2) Software pengolah angka (Spreadsheet) seperti :MS Excel, (3) Software Grafis seperti: corel draw, Photo Editor, dan Photoshop. (4) Software Multimedia , (5) software database, seperti Foxpro dan MS Access.
Selanjutnya, silakan Anda kerjakanlah soal-soal berikut:
1.Pada Dasarnya Komputer memiliki 3 sifat, coba Anda jelaskan ketiga sifat komputer tersebut.
2.Coba Anda jelaskan jenis hardware input. Berikan rincian dari masing-masing hardware input tersebut.
3.Coba Anda jelaskan jenis hardware output. Berikan rincian dari masing-masing hardware output tersebut.
4.Coba Anda jelaskan beberapa komponen yang ada dalam CPU yang merupakan jantungnya komputer.
5.Coba Anda sebutkan alat-alat yang termasuk dalam kelompok Input Multimedia, berikan penjelasan singkat dari masing-masing alat tersebut.
6.Coba Anda jelaskan apa yang dilakukan sebagai seorang programer. 7. Coba Anda jelaskan 3 jenis software yang termasuk dalam software aplikasi.
Saudara Mahasiswa, setelah selesai mengerjakan latihan tersebut, segera kirimkan melalui email kepada tutor online Anda. Umpan balik akan dapat Anda terima paling lambat 2 minggu setelah batas akhir pengiriman. Jangan segan untuk menghubungi tutor online Saudara jika mengalami kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar