Rabu, 13 Mei 2009

Jaringan dan Internet

Jaringan adalah kumpulan komputer dan peralatan yang dihubungkan satu sama lain via peralatan komunikasi dan media transmisi. Jaringan memungkinkan sharing hardware, software, data, dan informasi antar komputer.
Internet adalah koleksi jaringan yang tersebar meluas di seluruh dunia yang meng hubungkan jutaan perusahaan, pemerintahan, institut pendidikan dan individu. Web adalah kamus global dokumen yang terdiri dari informasi yang tersedia yang dihubungkan ke internet.
Perangkat Lunak Komputer
Software (Program) adalah sebuah bagian instruksi yang memerintah komputer apa dan bagaimana komputer itu bekerja.
Instalasi adalah proses pengaturan software untuk bekerja hardware.
System Software terdiri dari program yg mengontrol operasi komputer dan peralatannya.
Operating System adalah kumpulan program yang terkoordinasi semua aktivitas diantara peralatan hardware komputer.
Utility Programs mengijinkan pengguna untuk menampilkan tipe perawatan yang biasanya berhubungan dengan mengatur komputer, peralatannya ataupun programnya.
Application Software terdiri program yg menampilkan spesifik tugas untuk pengguna.
Programmer adalah orang yang mengembangkan aplikasi atau sistem operasi.
Kategori Komputer
1.Personal Computer (PC) : komputer yang dapat menampilkan semua aktivitas input, processing, output, dan storage dengan sendirinya. Yang termasuk PC adalah Desktop Computers.
2.Mobile Computers and Mobile Devices.
Mobile Computers adalah PC yang dapat dibawa kemana-mana. Mobile Device adalah peralatan komputer yang cukup kecil dan dapat digenggam dengan tangan.
3.MidRange Servers : komputer yang lebih kuat dan besar dari komputer workstation.
4.Mainframes : komputer yang sangat besar, mahal dan sangat kuat yang dapat mengatasi ratusan atau ribuan hubungan users secara bersama-sama.
5.SuperComputers : komputer yang sangat cepat dan kuat dan paling mahal.
Hubungan Bagian Sistem Informasi
Sistem informasi menggabungkan hardware, software, data, orang dan prosedur untuk menghasilkan informasi yang tepat dan berguna.
Tipe-tipe Pengguna Komputer
Home User : anggota keluarga yang menggunakan komputer untuk manajemen keuangan personal. Small Office/ Home office (SOHO) user adalah perusahaan kecil yang bekerja dari rumah dan menggunakan software bisnis dasar. Mobile users adalah pekerja dan pelajar yang bekerja dengan komputer ketika mereka berada di kantor atau sekolah. Large Business User bekerja di sebuah perusahaan dengan banyak pekerja. Power Users dikerjakan di semua tipe bisnis dan menggunakan komputer yang sangat kuat.
Aplikasi Komputer di Masyarakat
Penggunaan komputer secara langsung sering digunakan di dunia pendidikan, perusahaan, pemerintahan, pusat kesehatan, ilmu pengetahuan, publishing, travel, dan industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar