Rabu, 13 Mei 2009

5 Bagian Tune Up

Bagian Customize and Analyze
Pada bagian ini program TuneUp Utilities melakukan perbaikan pada system control, manager. Contoh saja, mereka yang ingin mempercepat dan membuang fungsi fungsi yang tidak perlu pada Windows XP seperti animasi, tip dan lainnya yang sebenarnya memudahkan bagi pemula tidak diperlukan lagi oleh seorang pemakai expert. Dan pada bagian inilah, langkah dari sistem operasi yang tidak perlu dapat dibuang. Misalnya membuang animasi, delay pada menu dan fade pada bar windows dihilangkan agar System Windows terlihat lebih cepat tanpa membuang waktu. Dibagian Custimize sebenarnya bisa dilakukan secara manual, hanya setting pada TuneUp Utilities jauh lebih teratur dan user mengetahui mana saja bagian yang tidak perlu diaktifkan.
Untuk TuneUp StartUp Manager, bagian ini dapat melihat task pada program yang disembuyikan oleh System Windows. Contohnya program driver yang akan tampil pada task bar terkadang tidak diperlukan ternyata tetap saja muncul. Pada bagian ini lah user dapat memilih mana saja yang sudah tidak lagi dipergunakan dan Windows tidak perlu melakukan loading pada program yang tidak digunakan lagi. Tidak itu saja, pemakai juga dapat menambahkan program seperti meletakan short cut program pada folder startup. Hanya pada StartUp Manager, program dapat diloading seperti melakukan loading driver. Hal ini membuat program yang dimasukan pada StartUp Manager menjadi prioritas untuk dijalankan lebih dahulu dari program yang diletakan pada StartUp Folder dengan short cut.
WinStyler
Adalah bagian untuk bongkar pasang Icon. Pada bagian ini user dapat menganti gambar Icon yang diinginkan dan menganti nama fungsi dari icon masing masing.
Pada bagian WinStyler terdapat komponen yang cukup penting dan menarik. Bila anda click pada bagian Appearance, maka terdapat setting untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran icon. Setting ini sangat menarik, bila anda ingin memperkecil ukuran icon pada desktop karena layar anda yang terbatas, atau anda mengunakan layar berukuran besar dengan tingkat resolusi tinggi dan membutuhkan icon yang lebih besar juga. Pada setting ini juga dapat mengatur icon pada desktop agar lebih rapat. Tentu menarik bila rekan anda mencoba computer dan melihat icon pada desktop menjadi kecil dan rapat sambil menanyakan loh kok layar kamu resolusinya tinggi sekali. Padahal iconnya yang dirubah oleh program ini.
Bagian lain pada style ini adalah menganti tampilan depan layar ketika login windows
Bagian Clean up and Repair
Untuk TuneUp DiskCleanner adalah memfungsikan penghapusan sampah pada harddisks seperti sistem backup file, cache internet dan lainnya
Bagian TuneUp RegistryCleanner adalah bagian yang menarik. Bagian ini khusus untuk melakukan pemeriksaan file registry dari Windows dan membuang bagian yang tidak diperlukan. Terkadang sistem Windows meninggalkan begitu saja sampah dari install program dan TuneUp Utilities mencoba membersihkan sampah tersebut. Cara ini sama seperti mencari sampah atau melihat pada registry windows dengan menjalankan program Regedit. Tetapi TuneUp Utilities menjalankan secara otomatis dan membersihkan lebih cepat.
Optimize and Improve
Pertama adalah Tuneup memOptimizer, untuk mengosongkan memory dari sisa program yang telah diloading dan tidak diperlukan lagi. Program ini juga memberikan pilihan untuk dijalankan pada StartUp.
Kedua adalah TuneUp RegistryDefrag. Fungsinya menyusun urutan para registry seperti melakukan defrag harddisk.
TuneUp Undelete
Pada bagian terakhir dari program terdapat fungsi undelete file
Walaupun pada RecyleBin tidak mengaktifkan sistem backup ketika file terhapus tidak sengaja, dengan fungsi TuneUp Undelete dapat mengembalikan bagian file yang hilang. Pada bagian program ini juga dapat diketahui sebuah file yang telah dihapus dan mengembalikan file yang hilang. Tidak itu saja, program dapat diberikan option bila file yang terhapus hanya dicari yang masih dalam kondisi baik atau utuh, atau mencari file yang terhapus walaupun kondisinya sudah tertimpa oleh file lainnya.
Result
Pada artikel ini tidak dibahas keseluruhan fungsi program. Dari sebagian yang di coba, TuneUp Utilities 2004 adalah sebuah program yang memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas seseorang. TuneUp Utilities 2004 tidak hanya mempercepat tampilan sistem operasi, juga bagian undelete yang terkadang perlu bila pemakai computer secara tidak sengaja terhapus. Untuk penilaian , TuneUp Utilities 2004 memiliki nilai manfaat sehingga kinerja sistem Windows tampil lebih baik

Tidak ada hal yang lebih menyebalkan selain saat menulis blog, komputer tiba tiba hang dan berjalan kayak siput. Selain menghabiskan waktu dengan percuma, kondisi ini juga membuat mood menulis menjadi berantakan.
Berbeda saat komputer baru saja dibeli. Kita tidak usah menunggu lama untuk sekedar membuka suatu program. Semua berjalan dengan cepat dan terbuka  lancar hanya dengan sekali hentakan klik mouse.
Mengapa semua itu bisa berubah?
Salah satu penyebabnya adalah tertumpuknya sampah di registry Windows. Registry Windows menjadi semacam tong sampah dari ratusan bit data yang tidak berguna. Ketika sistem operasi Windows dijalankan, secara otomatis ia akan memanggil semua bagian dari sistem registry termasuk sampah tadi. Bisa dibayangkan berapa waktu yang dibuang percuma untuk sekedar memanggil data sampah yang ada di registry.
Sampah yang tertimbun di registry bisa berasal dari proses uninstall program yang tidak sempurna, driver yang sudah mati alias tidak dipergunakan lagi, virus, spyware dan program lain yang berjalan dibalik layar yang tidak jelas manfaatnya.
Apakah registry Windows itu?
Sejak Windows 95 diluncurkan, sejak saat itu pula Windows berjalan menggunakan registry. Di dalamnya berisi data data yang diperlukan sistem operasi Windows untuk menjalankan komputer. Selain itu, registry juga berisikan perintah perintah yang dibuat oleh pengguna komputer yang menginginkan komputer berjalan sesuai dengan kehendak pengguna. Ketika registry ini sudah dipenuhi oleh sampah yang tidak berguna maka Windows akan berjalan lambat dan bahkan bisa tidak berjalan sama sekali.
Bagaimana caranya mengatasi semua masalah tersebut?
Jawabannya adalah dengan membersihkan registry Windows anda dan membuang semua sampah yang ada disana. Anda bisa melakukan secara manual dengan menggunakan regedit yang disediakan oleh Windows. Sayangnya program ini sangat tidak cocok untuk pengguna awam sebab informasi yang ada di dalamnya sangat terbatas. Salah menghapus registry malah bukan perbaikan performa yang anda dapatkan melainkan Windows anda tidak akan bisa berjalan lagi.
Jika anda tidak yakin menggunakan program bawaan Windows diatas, anda bisa menggunakan program pembersih registry yang banyak bertebaran di jagat maya. Ada yang gratis dan dipergunakan selamanya, ada pula yang mengharuskan kita merogoh kocek untuk menjalankannya. Dengan menggunakan program ini, anda tidak usah terlalu memahami kunci kunci yang ada pada registry Windows, program pembersih registry akan melakukan semuanya secara otomatis. Anda tinggal meng-klik OK dan Finish.
Saya sudah mencoba beberapa program pembersih registry dan rata rata mereka mempunyai fungsi yang relatif sama. Tidak ada nilai tambah yang berarti pada program berbayar bila dibandingkan dengan yang gratisan. Yang penting semuanya mampu membuang registry sampah yang menganggu performa komputer secara menyeluruh.
Program pembersih registry yang baik terlebih dahulu akan melakukan backup atau menyarankan anda untuk melakukan backup registry. Setelah itu, ia akan mulai membersihkan sampah registry sampai ke akar akarnya termasuk file yang terfragmen, driver yang sudah mati, shortcut yang tidak berguna, direktori yang salah, font yang salah, spyware dan program yang tidak berguna lainnya. 
Pemecahan komputer lambat dengan membersihkan registry merupakan salah satu solusi dari banyak penyebab komputer lambat jadi seandainya komputer anda masih terasa lambat meskipun registry sudah dibersihkan maka anda harus mencari penyebab lain dari kelambatan itu.
Terkadang kamu mungkin mengeluh dengan kinerja komputer kamu, soalnya biasanya cepat tapi kok sekarang jadi lambat banget ya. Wah, itu tandanya kamu harus latihan kesabaran . Tapi tenang dulu ga perlu pusing mikirin harga komputer baru , karena saya akan ngasih kamu beberapa cara jitu buat kamu-kamu para pengguna Windows tuk membuat komputer kamu menjadi lebih cepat. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba:
Defrag harddisk dengan meng-klik kanan di icon harddisk kamu dan pilih properties, masuk ke tab tool, disitu kamu tinggal klik Defragment now, lalu pilih harddisk yang ingin kamu defrag. Nah, setelah selesai defrag mudah-mudahan kamu sudah mulai merasakan peningkatan performa komputer kamu.
Scan harddisk kamu menggunakan antivirus, mungkin saja komputer kamu lambat gara-gara digerogoti virus yang kurang ajar
Gunakan program yang bisa menghapus temporary files dan memperbaiki registry, kalo saya sih menggunakan CCleaner. Lalu, run program tersebut tuk membasmi junk file di komputer anda.
Uninstall program yang tidak diperlukan, mungkin karena banyak program yang tersimpan diharddisk kamu menjadikan system lebih lambat.
Tambah RAM, ini cara yang paling mudah
Hapus chace dan cookies di browser kamu supaya bisa browsing lebih cepat.
Ubah tampilan Windows XP kamu ke classic, karena tampilan ini akan mempercepat respon system.
Hapus start-up program dan service yang tidak perlu dengan masuk ke run (tekan tombol windows+R) +ketik msconfig, lalu enter.
Nah, setelah nyoba beberapa cara di atas mudah-mudahan respon komputer kamu akan jadi lebih baik. Sebenarnya ada cara instant-nya sih, cara brutal ya install ulang system operasi komputer kamu (tapi jangan lupa back-up data dan setting system yang sebelumnya).
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar