Rabu, 13 Mei 2009

OSI Reference Model

OSI (Open System Interconnection) Reference Model tidak lain merupakan satandar penting dalam proses komunikasi,membagi proses komunikasi ketujuh layer berbeda;menjelaskan bagaimana aplikasi-aplikasi(yang berjalan di atas setiap perangkat) dapat saling berkomunikasi.

Model ini untuk semua tipe jaringan,tanpa kecuali,tidak hanya TCP/IP.untuk semua tipe media,tidak hanya Ethernet.itulah sebabnya teknisi jaringan sering kali mengatakan”ini perangkat layer 4”,”ini perangkat layer 3”,dan sebagainya.

OSI Model dikembangkan oleh ISO (International Organization for Standardization)sekitar tahun 1984,sebagai kerangka konseptual standar komunikasi untuk perlengkapan dan aplikasi jaringan yang diproduksi vendor berbedadi dunia.Banyak orang menyebut OSI Reference model sebagai reference model.keduanya adalah sama.
Kebanyakan protokol komunikasi jaringan yang digunakan saat ini memiliki struktur yang disesusaikan dengan standar OSI Model.
Dalam OSI Model terdapat pembagian tugas,terutama berkaitan dengan penyampaian informasi di antara komputer,sehingga dapat lebih mudah dikelola.sebuah tugas atau satu grup tugas selanjutya diserahkan ke masing-masing tujuh layer OSI,dan merekadapat diimplementasikan secara independen.konsep ini memberi jaminan bagi setiap layer untuk tidak saling menginterfrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar