Rabu, 13 Mei 2009

PENGENALAN SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sistem operasi komputer yang banyak dipakai adalah Microsoft Windows. Windows terdiri dari banyak versi, di antaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, dan Windows XP.

Masing-masing versi memiliki kelemahan tersendiri yang diperbaiki di versi berikutnya. Namun secara garis besar, penggunaan sistem operasi Windows relatif sama antara versi yang awal dengan versi berikutnya.

Untuk mata kuliah Pengenalan Komputer, kita akan membahas tentang sistem operasi Windows 98 dan sedikit mengupas fasilitas pada Windows XP.

1. MENJALANKAN KOMPUTER

Untuk mulai menjalankan komputer, anda perlu memastikan bahwa seluruh komponen komputer terhubung dengan baik melalui konektor-konektornya, dan komputer terhubung pada supply listrik (PLN).

Selanjutnya tekan tombol power pada CPU serta tombol power pada monitor.

Proses awal start sebuah komputer dinamakan proses booting. Dalam proses ini, program dalam BIOS akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan.

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah chip kecil yang berisi program untuk mengenali kesiapan hardware, yang dibuat oleh produsen motherboard.

Selanjutnya proses diambil alih oleh operating system, yang mempersiapkan komputer untuk siap menerima instruksi selanjutnya dari pengguna.

Setelah system siap, anda akan ditanya user ID dan password untuk mulai mengoperasikan komputer. User ID dan password ini akan membawa kepada setting pribadi yang telah anda atur dalam komputer tersebut.

1 komentar:

  1. masukin entri lagi dong mba byar tambah ciamik n wawasan bwan ane sendiri!! kunjungi blog ane jg y di http://sistemoperasi-edydailami.blogspot.com

    BalasHapus